Selasa, 8 Januari 2013

Langkah-langkah instalasi windows NetMeeting



A.    Langkah-langkah instalasi windows NetMeeting
1.      Membuat Kabel Cross
a.       Alat dan bahan:
·         Kabel UTP
·         Crimping
·         Connector RJ-45
·         LAN Testing
·         Tang Pemotong
b.      Langkah-langkah membuat kabel Cross
·   Pertama-tama kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm menggunakan Tang Pemotong, lakukan secara hati-hati agar kabel kecilnya tidak terpotong.
·         Buka pilinan kabel, luruskan dan urutan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B. Usahakan kabelnya rapi, tidak bengkok. Urutan kabel Straight sperti dibawah ini
Pin 1
Pin 2
PO
PH
O
H
PH
PO
B
B
PB
PB
H
O
PC
PC
C
C

·         Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel menggunakan Tang     Pemotong.
·      Masukan kabel  yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar dan benar-benar sudah masuk.
·         Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah “menyentuh” tiap-tiap kabel.
·        Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain sesuai urutan      yang di atas.
·        Langkah terakhir adalah mengecek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing-masing port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
2.      Membuat IP Adress
IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.168.1.1.
Langkah-langkah membuat IPAdress
a.       Klik start, kemudian pilih control panel
b.      Setelah itu pilih network connection
c.       Pilih dan klik Local Area Connection
d.      Kemudian klik properties
e.       Ditab General di kolom penggunaan koneksi pilih internet protocol (TCP/IP) dan klik opsi properties maka muncul sebuah jendela baru.
f.       Check list “Use The Following Ip Address”. Masukan IP Address sesuai dengan aturan .untuk komputer pertama kita akan menggunakan IP Address 192.168.1.1 dan masukan subnet mask 255.255.255.0. klik ok
g.      Klik close untuk menutup kotak dialog.
3.      Menguji Koneksi antar Komputer
a.       Klik start, kemudian all programs
b.      Pilih accessories, kemudian klik command promt
c.       Ketikkan ipconfig untuk mengetahui alamat IP address sendiri
d.      Dan untuk menguji koneksi antar komputer ketikkan ping _ip address tujuan
4.      Instalasi Windows Netmeting
a.       Klik start, kemudian pilih run
b.      klik browser untuk mencari file windows netmeeting.
c.       Klik My Computer
d.      Setelah itu pilih Local Disk (C:).
e.       Kemudian pilih dan klik Program Files
f.       Setelah itu carilah folder Netmeting, lalu double klik kiri
g.      Lalu pilih yang tengah atau yang bertuliskan “conf”.
h.      klik ok untuk untuk menginstal windows Netmeting
i.     setelah melakukan cara seperti yang diatas maka akan muncul jendela netmeeting.klik next untuk melanjutkan, seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
j.        setelah mengklik button next maka akan muncul table kosong registrasi, isikan data diri anda pada tabeltersebut first name, last name, email address, location, dan comments untuk menandakan identitas bahwa kita telah membuat suatu account, jika sudah klik next.
k.      setelah itu kita akan dibawa pada jendela directory server, dimana disana ada 2 opsi yang akan kita pilih, centanglah opsi log on to a directory server when netmeeting starts lalu pilih server yang kita kehendaki. Atau bisa juga tidak di pilih kedua opsi tersebut (tidak perlu dicentang), kemudian klik next.
l.        pada jendela berikutnya tampil pemilihan jenis koneksi yaitu untuk memilih jenis koneksi yang digunakan untuk menjalankan netmeeting, pada jendela tersebut pilih local area network dan klik next untuk melanjutkan proses ke langkah selanjutnya.
m.    Selanjutnya tampil jendela pengaturan untuk melakukan tampilan Netmeeting pada windows kita diminta untuk memberikan shortcut. Beri tanda check box pada pilihan yang diinginkan, tapi disini tidak diwajibkan untuk memilih pilihan tersebut. Jika sudah Klik tombol next untuk melanjutkan proses ke langkah selanjutnya
n.      Lalu kita akan di bawa pada jendela Audio Tuning Wizard yaitu sebuah fitur tambahan dari netmeeting agar bisa menggunakan suara saat chating-an dengan menggunakan mic atau headset lalu klik next.
o.      Pada jendela selanjutnya tentukanlah volume speaker atau handphones yang anda inginkan lalu klik next.
p.      Serelah itu tampil jendela yang memberikan pesan bahwa kita telah melakukan pengaturan di Netmeeting dan yang menyatakan bahwa semua konfigurasi telah selesai, maka pilih tombol Finish untuk mengakhiri proses konfigurasi pada langkah-langkah proses instalasi Netmeeting.
q.      Setelah itu tunggu beberapa saat hingga tampil splash screen program Ms. Netmeeting
5.      Cara Menggunakan NetMeeting
a.       Mengirim dan Menerima Panggilan
Untuk melakukan panggilan dari komputer 1 ke komputer 2 atau juga sebaliknya, langkah     yang harus dilakukan adalah
1)      ketikkan nama/alamat IP komputer 2 dari komputer1 pada kotak address, kemudian
2)      klik tombol call. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

0 ulasan:

Catat Ulasan